Tempat Wisata di Jakarta Barat

tempat-wisata-di-jakbar

Jakarta Barat Ada :

A. Kota Tua Jakarta atau sering disebut Kota Tua Batavia adalah sebuah peninggalan sejarah yang terletak di Jakarta Barat.

Dulunya lokasi ini adalah pusat perdagangan di Asia pada abad ke 16. Suasana di Kota Tua sangatlah menarik karena tempat ini adalah kawasan peninggalan Belanda yang masih asli.

Banyak sepeda onthel yang dapat di sewa di sini, bisa dipakai untuk berkeliling Kota Tua, atau untuk berfoto-foto. Lokasi ini adalah lokasi favorit para pemburu foto karena suasananya yang unik.

Kota Tua adalah tempat wisata di Jakarta Barat yang paling populer, terutama pada saat akhir pekan. Setiap akhir pekan, kawasan ini dipenuhi pengunjung dan pedagang kaki lima.

B. Museum Fatahillah atau dikenal juga sebagai Museum Sejarah Jakarta adalah salah satu museum yang paling besar di Jakarta.

Dibangun pada tahun 1707 sebagai sebuah balai kota, bangunan ini memiliki ruang kantor, ruang pengadilan, dan penjara bawah tanah.

Pada tahun 1974, bangunan dengan arsitektur abad 17 ini beralih fungsi menjadi sebuah museum. Koleksi yang dimiliki museum Fatahillah yaitu barang arkeologi, mebel antik, keramik, prasasti, benda kebudayaan betawi, meriam, patung, dan lain-lain.

Fasilitas yang dimiliki museum Fatahillah yaitu perpustakaan, kantin, toko suvenir, sinema, musholla, ruang pertemuan, dan taman.

C. Jembatan Kota Intan adalah satu-satunya jembatan peninggalan Belanda yang masih tersisa di Jakarta.

Sempat rusak akibat serangan pada tahun 1629, jembatan ini akhirnya diperbaiki kembali oleh Belanda karena fungsinya yang sangat penting.

Terletak di kawasan Kota Tua, Jembatan Kota Intan terbuat dari besi dan kayu sehingga cukup menarik untuk menjadi tempat foto-foto.

D. Museum Tekstil yang beralamat di Jalan K. S. Tubun Petamburan No. 4, Jakarta Barat dulunya adalah sebuah rumah milik orang Perancis dan pada akhirnya diserahkan kembali kepada Pemda Jakarta.

Ciri khas museum ini adalah pintunya yang sangat besar, bangunan dengan arsitektur kolonial, dan keramik lantai yang bermotif unik.

Museum ini memiliki ribuan kain yang berasal dari seluruh penjuru Indonesia, namun hanya sebagian kecil saja yang dipamerkan kepada masyarakat umum. Jenis kain yang ada di sini yaitu kain tenun, kain jumput, kain batik, kain campuran, hingga baju yang terbuat dari kulit kayu.

E. Museum Bank Indonesia adalah museum yang terbaik di Jakarta Barat menurut saya. Apa yang membuat saya berkata demikian? Museum Bank Indonesia adalah museum yang sangat modern, bersih, dan rapi, tidak seperti kebanyakan museum lain di Jakarta yang kurang terpelihara.

Dengan penataannya yang rapi, pencahayaan yang menarik, ruangan yang ber AC, dan manajemen yang baik, museum ini memiliki kualitas kelas internasional dan menupakan museum yang paling nyaman dikunjungi di Jakarta menurut saya.

Koleksi yang dimiliki Museum Bank Indonesia adalah uang kertas, uang logam, emas batangan, brankas, dan benda lain yang menjadi saksi sejarah Indonesia dan berhubungan dengan keuangan.

Selain nyaman dan edukatif, biaya masuk Museum Bank Indonesia adalah gratis, oleh karena itu museum ini adalah salah satu tempat wisata di Jakarta Barat yang wajib dikunjungi.

F. Museum Seni Rupa dan Keramik adalah rumah bagi banyak karya seni kelas internasional karya seniman Indonesia sejak tahun 1800an.

Koleksi seni yang dimiliki Museum Seni Rupa dan Keramik berjumlah lebih dari 400 benda yang berupa patung, lukisan, sketsa, batik lukis, hingga totem kayu yang terbagi menurut periode waktu tertentu.

Untuk koleksi keramiknya, museum ini memiliki koleksi keramik lokal dan asing, yang merupakan warisan sejarah dari negara yang bersangkutan.

G. Museum Wayang beralamat di Jalan Pintu Besar Utara No. 27, Jakarta Barat. Sesuai dengan namanya, museum ini memiliki koleksi berbagai jenis wayang dengan jumlah sekitar 6,000 wayang.

Jenis wayang yang ada di sini yaitu wayang golek, wayang kulit, wayang klitik, wayang mainan, dan topeng.

Koleksi yang dimiliki Museum Wayang ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan masing-masing mempunyai sejarah dan cerita yang menarik.

Selain wayang dalam negeri, museum ini juga mempunyai koleksi wayang dan boneka dari luar negeri di lantai 

 

Responses are currently closed, but you can trackback from your own site.

Comments are closed.

Powered By:Jasa Pembuatan Website, Toko Online dan SEO Di 0822-4097-4888
error: isi di lindungi oleh hak cipta